Minggu, 06 Desember 2015

Kriteria Guru Profesional Yang Harus Diketahui Setiap Guru

Kriteria guru profesioanl, Menjadi guru profesional merupakan harapan bagi setiap guru, apalagi sekarang ada tunjangan untuk guru yang sudah tersertifikasi, ada beberapa cara unruk menjadi guru profesinal, pada awalnya untuk mencetak guru profesioan yaitu dengan portofolio, jadi setiap guru yang sudah memiliki masa kerja yang sudah ditentukan dapat mengajukan sertifikasi guru profesioan dengan mengumpulakan sebanyak mungkin sertifikat yang dimiliki, sehingga pada saat itu banyak sekali seminar yang di adakan, bahkan guru rela mengeluarkan uangnya untuk mendapatkan sertifikan seminar tanpa mengikuti seminar tersebut.

PLPG, karena portofolia dilihat tidak menghasilkan output gutu profesiol yang baik maka selanjutnya jalur sertifikasi di ganti dnegn jalur PLPG, guru didik selama 10 hari untuk menggodog menjadi guru yang profesioanl.

PPG, sekarang untiuk menyetak guru profeioanal tidak semudah dulu, namun dengan cara yang lebih lama yaitu harus dengan mengikuti pendidikan profesi guru (PPG). Program ini ad dua yaitu PPG dlam jabatan yaitu khusus bagi guru yang sudah mengjar di satuan pendidikan, dan PPG prajabatan, PPG pra jabatan yaitu bisa di peroleh melalui progra SM3T, program ini mewajibkan pendidik muda untuk mengajar di darat terluat, terdepan, tertinggal selama satu tahun, baru setelah itu berhak mendapatkan beasiswa penuh PPG berasrama.

Ada beberapa Kriteria guru profesioal yang harus dimiliki oleh setiap guru,

Penguasaan materi
Kriteria guru profesioal yang pertama adalah Pengausaan materi oleh setiap guru adalah hal wajib, selain itu kesesuaian dengan pendidian degnan pelajaran yang diampu juga menjadi hal yang diperhatikan, kerena guru profesioal merupakan guru pembawa perubahan dan membawa perkembangan ilmu, karena sekarang banyak guru yang mengampu pelajaran bukan sesuai pendidikannya terutama di sekolah sewasta. Hal tersebut dapat mengakibatkan kurangnya penguasaan guru terhadap materi yang disampaiakan.

Dapat menyampaiakan materi
Tidak semua guru dapat menyampaikan materi dengan baik agar siswa paham apa yang disampaiakan, dalam menyampaiakan materi merupakan kriteria guru profesioanl yang harus dimiliki oleh seorang guru, penyampain materi tidak hanya dilakukan secara konfensional, tetapi guru harus menciptakan model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang disampaiakan.

Fokus dalam mencapai tujuan pembelajaran
Setiap proses pembelajaran pasti memiliki tujuan apalagi dalam penerapan kurikulum 2013, ada beberapa tujuan yaitu tujuan sikap,pengetahuan dan keterampilan. Tujuan adalah sesuatu hal yang akan dicapai melalui proses pembelajaran, dlam proses inilah guru lebih memfokuskan bagaimana caranya agar tujuan tersebut dapat tercapai. Jadi guru tidak hanya menyampaikan materi namun tidak jelas apa yang ingin dicapai.

membuat rencana pelaksanaan pembelajara
pembuatan RPP tidak hanya dijadikan sebagai prosedur dalam administrasi guru saja, tetapi perencanaan memang harus di lakukan juga sebagai awal pencapaian tujuan.







Kriteria Guru Profesional Yang Harus Diketahui Setiap Guru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar