Sabtu, 14 November 2015

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Prinsip Pelaksanaannya

Pengertian penelitian tindakan kelas, semua guru harus bisa melakukan ini, yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pebelajaran yang diterapkan dalam kelas pabila terjadi masalah dalam proses pembelajaran. PTK dalam kaitannya dengan kemempuan guru dalam melakukan penelitian haruslah benar-benar sesuai dengan permasalahnyannya, sehingga hasil dari penelitiannya dapat bermanfaat untuk perkembangan pendidikan.

penelitian tindakan kelas adalah penelitian atau tindakan yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah, baik itu meningkatkan nilai, motivasi belajar, keaktifan siswa dan lain-lain. Dalam melakukan penelitian hendaknya ada beberapa prinsip pelaksanaannya:

1. Tidak boleh mengganggu kegiatan belajar mengajar, sehingga dalam melakukan penelitain hendaknya memperhatikan silabus agar materi yang masuk dalam penelitian memang sistematis dengan materi sebelumnya.

2. Terkait dengan pengertian penelitian tindakan kelas Metode yang dilakukan harus terencana dengan tepat dan cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam menentukan hipotesis tindakan. Selain itu instrumen penelitian juga harus sesuai dan disusun sesuai dengan kebutuhan penelitain

3. Masalah yang akan diteliti harus sesuai dengan kemampuan guru, agar dalam melakuakan penelitian guru tidak kesulitan baik dalam mengumpilkan data maupun mengolahnya

4. Dalam mengumpulkan data agar sesui dengan keadaan sebenarnya, sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak

5. PTK Harus sesuai dengan etika penelitian misalnya kerahasiaannya, dan harus ada laporan.

6. Kaitannya dengan pengertian tindakan kelas, penelitian harus dilakukan terus menerus sebab ilmu pendidikan akan selalu berkembang.

Karakteristik penelitian tindakan kelas

  • Situasional, pengertian penelitian tindakan kelas guru harus menemukan masalah yang benar-benar dihadapi oleh guru tersebut sesuai dengan kondisi yagn dihadapi guru tersebut.
  •  Kontekstual, melakukan penelitian untuk meningkatkan mutu pendidikan konteksnya harus secara sistematik yaitu meneliti dirinya sendiri sebagai penyampai materi dan bertindak sebagai peneliti
  • Bersifat kolaboratif, yaitu terjadi perpaduan yang serasi antara metode pebelajaran, materi pembelajaran, instrumen penelitain , serta peran guru dan peran peserta didik yang terlibat dalam penelitian.
  • Bersifat evaluatif dan revlektif, penelitian harus dievaluasi secara terus menerus dengan tujuan akhir untuk meningkatkan mutu pendidikan, karena semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka PTK tidak bisa berhenti setelah ditemukan hasilnya, tetapi harus terus di evaluasi.
  • Bersifat fleksibel dan menyesuaikan, penelitian tindakan kelas lebih menekankan sifat tanggap dan mengujicoba, sehingga dapat berubah sesuai dengan kondisi yang dihadapi
  • PTK menelaah data yang ada untuk mengetahui apakah ada peningkatan dalam proses pembelajaran

Dalam pengertian penelitian tindakan kelas terdapat bebrapa tahap dari perencanaan, penelitian,pengumpulan data, pengolahan data dan menarik kesimpulan, hal ini harus sistematis. Sebagai peneliti dalam proses perencanaan yang harus disiapkan adalah menyusun proposal penelitian tindakan kelas, proposal ini yang nantinya akan digunakan untuk kelanjutan penelitian.

Selain proposal, instrumen penelitian juga harus disiapkan serta harus diuji validitas instrumennya dahulu.

Pengertian Penelitian Tindakan Kelas dan Prinsip Pelaksanaannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar