Rabu, 11 November 2015

Pendidikan Anak Usia Dini

Usia dini atau usia prasekolah pada anak adalah antar usia 3-5 tahun, untuk membentuk karakter anak, sebelum menempuh pendidikan formal disekolah dibutuhkan pendidikan anak usia dini. Ada beberapa manfaat PAUD bagi anak

Mengenalkan pada anak untuk menghafal angka, huruf, bentuk, warna dan yang tidak kalah penting adalah melatih anak untuk bersosialisai, bergaul ,dan berbagi dengan orang lain.

  • Di usia berapa seharusnya anak masuk ke pendidikan anak usia dini
Sebaiknya anak mulai masuk prasekolah pada usia 4 atau 5 tahun, karena pada usia ini anak sudah mulai bisa menalar dan anak berada dalam dunia bermain yang baik. Pada usia ini lah anak akan mudah dibawa untuk belajar bersosialisai dan berbagi dengan teman bermainnya.

Setelah berusia 6 tahun anak akan masuk ke pendidikan taman kanak-kanak, di jenjang ini anak sudah bisa berkembang kemampuan dan minat anak dalam suatu hal, tugas dari orang tua adalah mengarahkan anak agar dapat berkembang sesuai bakat dan minatnya.

  • Bagaimana cara memilih PAUD yang tepat? 
Yang pertama dilihat adalah Lokasi, pemilihan tempat yang baik adalah yang dekat denga rumah, atau dekat dengan tempat kerja orang tua, sehingga orang tua bisa selalu mengontrol kondisi anaknya.

Program unggulan pendidikan disekolah, kualitas pendidikan anak usia dini dipengaruhi oleh program unggulan tempat belajar, ada beberapa program unggulan sperti Agama, kemampuan membaca dan menghitung.

Fasilitas, selain lokasi dan program unggulan yang perlu diperhatikan adalah fasilitas, baik yang berhubungan dengan belajar maupun dengan kenyamanan dan ketenangan orang tua saat anak berada di tempat Pendidikan anak usia dini.

  • Tenaga pendidik yang baik itu seperti apa? 
Mendidik anak pada usia dini berbeda dengan mendidik anak pada usia SD, guru yang berkompeten dibidangnya sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Tenaga pendidik yang baik tentunya harus memiliki pendidikan yang sesuai juga dengan pekerjaannya, apabila mengajar di PAUD maka pendidik juga harus berpendidikan yang sesuai.

Pendidik yang ramah dan penuh kasih sayang, hal ini dapat dilihat pada saat mengantar anak kesekolah bagaimana prilaku pendidik di sekolaha tersebut apakah ramah selalu menyapa atau sebaliknya

Selalau melaporkan perkembangan anak, untuk mengetahui perkembangna kemampuan anak, pendidik yang baik hendaknya selalu melaporkan perkembangan anaknya kepada orang tua, hal ini bertujuan agar orng tua dapat terus mengikuti perkembangan anaknya.

Memiliki perhatian yang sama terhadap semua peserta didik, perhatian disekolah sangat dibutuhkan bagi anak, pendidik yang baik selalu sama dalam melihat anak, tidak hanya menyayangi anak yang pandai saja, atau anak yang mudah diatur saja, tetapi semua peserta didik harus tercover semuanya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih pendidikan anak usia dini agar anak bisa berkembang dan memiliki karakter yang baik.

Artikel Terkait:
Cara Mendidik Anak Menurut Islam
6 Cara mendidik anak yang Baik

Pendidikan Anak Usia Dini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

2 komentar:

  1. pendidikan anak usia dini sangatlah penting semoga pemerintah bisa makin serius dalam program ini, terima kasih atas informasinya
    salam biMBA AIUEO Cilegong

    BalasHapus
  2. kebetulan istri saya juga punya tiga cabang bimba AIUEO di Purbalingga. salam mendidik generasi emas Indonesia.

    BalasHapus