Kamis, 12 November 2015

Mekanisme Cara membuat karya ilmiah Yang Mudah

Penyusunan karya ilmiah tidak hanya dilakukan oleh para ilmuwan saja, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan baru. dengan harapan perkembangan ilmu pendidikan akan semakin maju. Namun pada kenyataannya banyak kesulitan dalam cara membuat karya ilmiah.

Pengertian Karya ilmiah merupakan suatu karya karangan yang didalamnya terdapat ilmu pengetahuan dan kebenaran ilmiah yang menyajikan fakta-fakta dan disususn secara sistematis menurut metode penulisan dengan menggunakan bahasa ilmiah.

Untuk membuat karya ilmiah Ada 9 langkah dalam menyusun karya ilmiah pendidikan agar penyusunannya lebih sistematis.

1. Menentukan tema
Proses pertama dalam cara membuat karya ilmiah adalah menentukan tema atau bidang keilmuan tertentu, penentua ini bertujuan untuk mencari batasan apa yang akan ditulis. Dengan demikian apa yang akan ditulis menjadi lebih fokus

2. Mengumpulkan informasi
Pengumpulana informasi dilakukan sejak penulis memiliki ketertarikan terhadap suatu tema. Pengumpulan informasi dapat dilakukan atas dasar pengetahuan yang mengendap dan penglaman dari penulis, dengan adanya pengumpulan informasi dari awal, maka penulis akan mengetahuai apa yang layak akan ditulis. Pengumpulan informasi pada tahap pertmana ini belum spesifik melainkan bersifat umum tentang topik yang akan ditulis

3. Menemukan masalah atau topik
Cara membuat karya ilmiah ke tiga, Setelah menemukan informasi biasanya penulis menemukan kondisi yang dianggap masih belum terselesaikan dan perlu ditelusuri lebih lanjut. Inilah yang disebut dengan masalah. Inti dari menemukan masalah adalah menemukan sisi yang menarik dari suatu fenomena. Untuk itu penulis harus memiliki rasa ingin tahu yang besar. Untuk memupuk rasa ingin tahu, cara yang paling sederhana adalah dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan seperti:

· mengapa terjadi fenomena ini?

· apa yang perlu dilakukan selanjutnya?

· bagaimana jika..........

· dst

dalam pendekatan saintifik proses ini termasuk dalam tahapan questioning atau menanya.

4. Merumuskan masalah penelitian
Setelah mengetahui masalah, penulis harus merumuskan pertanyan-pertanyaan yang membawa untuk lebih memahami masalah. Pertanyaan yang mengarahkan penulis untuk mencari jawaban melalui penelusuran lebih lanjutdisebut sebagai masalah penelitian. Kadangkala perumusan masalah penelitian akan menghasilkan hipotesis yang akan dibuktikan setelah pengumpulan data.

5. Menentukan tujuan
Cara membuat karya ilmiah ke lima, Tujuan penulisan merupakan harapan dan maksud dari penulis untuk melakukan kajian. Dalam penentuan tujuan penulis misalnya ingin mendiskripsikan, membandingkan, mengujicoba, menghubingkan, menganalisis, mengevaluasi, merancang sesuatu terkait dengan masalah penelitian. Dalam penelitian penentuan tujuan memiliki konsekuensi terhadap pemilhan strategi penelitian yang akan dilaksanakan.

6. Menyusun desainpenulisan atau penelitian
Desain penulisan berisi rancangan penulisan yang akan dihasilkan. Dalam tahap Cara membuat karya ilmiah  ini ada beberapa hal yang harus dilakukan.

a. Mengidentifikasi literatur untuk menguatkan kajian, hal ini dilakukan terutama jika penulis ingin menggunakan teori-teori tertentu untuk menjelaskan masalah yang tengah ditulisnya. Kajian literatur juga dilakukan untuj mengidentifikasi kajian serupa yang pernah dulakukan, sehingga dapat diketahui kelemahan-kelemahan dari penelitian yang terdahaulu, serta peluang dalam melakukan perbaikan serta mengisi kekosongancelah tersebut melalui penulisan.

b. Mengidentifikasi sumber-sumber dilakukan untuk memudahkan penulis mencari data atau informasi terkain masalah penelitian. Sumber dapat berupa informasi atau respoden, aktifitas, lokasi, kebendaan. Jika memerlukan alat dan bahan khusus, harus diidentifikasi kebutuhan yang diperlukan dalam penelitian.

c. Menyusun langkah-langkah penulisan/penelitian. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penulisdalam melakukan prosesur penulisanselain itu, juga bermanfaat dalam menjaga keilmiahan dari suatu tulisan agar menjadi lebih sistematisdan runtu. Dalam tahap Cara membuat karya ilmiah  ini penulis harus merancang alat atau panduan dalam mengambil informasi.

7. Mengumpulkan informasi
Proses pengumpulan informasi pada tahap ini berbeda dari pengumpulan informasi pada tahap awal. Pada tahap ini informasi dikumpulkan setelah penulis mengidentifikasi sumber-sumber informasi yang relevan untuk menjawab masalah penelitian. Informasi yang diambil, diperoleh dari alat atau oanduan yang sebelumnya telah disusun oleh penulis. Dengan demikian informasi yang dikumpulkan pada tahap ini lebih bersifat spesifikdan purposif dibandingkan dengan pengumpulan informasi pada tahap awal.

8. Menganalisis data
Proses ini merupakan tahapan dalam memaknai informasi yang telah dikumpulkan, pada tahap ini, informasi disajikan, dijelaskan, diuraikan,dihubungkan sehingga menghasilkan kategori atau pola-pola tertentu, serta makna dari informasi.dalam proses ini penulis juga merumuskan kesimpulan atau tesis tebagai klimaks dalam penulisan.

9. Membuat tulisan
Tahapan Cara membuat karya ilmiah  ini merupakan upaya dalam merangkai hasil analisis dalam bentuk tulisan. Jenis penulisan bisa bermacam-macam, bisa berbentuk laporan, artikel, buka, poster dan lain-lain. Namun dalam penyusunannya ada beberapa tahapan yang dilalui.

a. Menyusun draf , Tahap ini adalah tahap paling awal dalam menyusun tulisan. Penulis bisa memulai dengan pembuatan outline yang berisi garis besar dari penjelasan tentang masalah penelitian. Setelah kerangka tersusun, penulis mengisi kerangka dengan informasi yang ditemukan.

b. Melakukan revisi , Penulis biasanya tidak sekali langsung jadi dalam penyusunan karya ilmiah, untuk itu dibutuhkan pembacaan dan revisi dari hasil yang awal yang dituliskan, seringkali penulis meminta orang lain untuk memberikan komentar setelah itu, penulis memperbaiki draf yang telah diberi masukan oleh orang lain.

c. Melakukan penyuntingan, Hal ini adalah langkah teknis dalam proses penulisan. Kadangkala ada format-format yang harus diikuti oleh penulis sebelum menerbitkan tulisannya.

d. Publikasi, Peblikasi merupakan tahap terakhir ketika karya tulis yang sudah dibuat menjadi konsumsi masyarakat dan menambah khasanah ilmu pengetahuan.

Mekanisme Cara membuat karya ilmiah Yang Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

1 komentar:

  1. pedoman lomba karya tulis dikti http://adf.ly/1aqjNt

    BalasHapus