Senin, 02 November 2015

Komponen Pendidikan dalam proses pendidikan

Komponen pendidikan dalam proses pendidikan merupakan satu kesatuan yang tersusun sebagi suatu sistem pendidikan. Kenapa pendidikan sebagai sistem, karena dalam pendidikan terdapat komponen-komponen yang saling terkait. Yang pada intinya bertujuan untuk mentransfer informasi kepada peseta didik yaitu untuk menjadikan perubahan ke arah kebaikan.


Komponen dalam pendidikan meliputi: Tujuan Pendidikan, Peserta Didik, Pendidik, Metode Pendidikan, Isi Pendidikan / Materi Pendidikan, Lingkungan Pendidikan, dan Alat dan Fasilitas Pendidikan. Itulah kenapa pendidikan disebut sebagi suatu sistem karena semua komponen saling berkaitan.


1. Tujuan Pendidikan
Komponen pendidikan yang pertama adalah tujuan pendidikan, Setiap kegiatan yang memiliki proses pasti memiliki tujuan, begitu juga dalam pendidikan pasti memiliki tujuan yang akan dicapai, tujuan pendidikan adalah untuk menjadikan seseorang atau kelompok terjadi perubahan kearah yang lebih baik. Dan juga akan adanya perubahan sikap, prilaku yang baik akibat adanya proses pendidikan.


2. Peserta Didik
Pendidikan tidak akan berjalan apabila tidak ada peserta didik atau siswa, jadi pada hakikatnya peserta didik bertugas sebagai pelaku pendidikan, dan sebagai target pendidikan. Peserta didik tidak terbatas pada anak usia pendidikan dari SD sampai SMA namun lebih luas lagi yaitu mencakup seluruh individu atau kelompok yang menjadi subjek pendidikan.


3. Pendidik
Selain peserta didik sebagai penerima informasi, komponen pendidikan yang juga sangat berperan adalah pendidik sebagi penyampai infornasi. Pendidik tidak hanya pada guru di satuan pendidikan, tetapi yang berperan sebagai pendidik jua termasuk orang dewasa, tua siswa, pemimpin masyarakat dan pemuka agama yang bertugas sebagai penyampai informasi agar menuju perubahan yang lebih baik.


4. Metode Pendidikan
Metode pendidikan adalah cara untuk menyampaikan informasi atau materi pelajaran, metode yang sering digunakan adalah metode ceramah, metode diskusi, metode eksperimen, yang dipadukan dengan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan.


5. Isi Pendidikan/Materi Pendidikan
Komponen pendidikan selanjutnya adalah Materi pendidikan, materi suatu pelajaran dalam satu tingkatmisal tingkat SMP pasti sama dengan MTs hal ini terjadi karena ada standar yang datur dalam kurikulum begitu juga dakam prosedur penilaian dan pendekatan pembelajaran dalam satuan pendidikan di atur juga dalam kurikulum, materi pembelajaran dalam satuan pendidikan tentunya disesuaikan dengan tingkatan satuan pendidikan.


6. Lingkungan Pendidikan
Lingkungan pendidikan adalah segala segi kehidupan dan kebudayaan. Hal ini karena pendidiakan berkembang juga berdasarkan perubahan kebudayaan, sehigga pendidikan tidak hanya berada dalam lingkungan sekolah saja tetapi juga ada dalam lingkungan bermasyarakat. Dapat disimpulkan lingkungan pendidikan merupakan semua hal yang ada dalam sekeliling peserta pendidikan yang berkaitan langsung maupun tidak langsung terhadap aktifitas peserta didik.


7. Alat dan Fasilitas Pendidikan
Untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan, komponen pendidikan yang terakhir adalah fasilitas, fasilitas sebagai penunjang juga harus terpenuhi, misalnya laboratorium, lapangan olah raga,internet dan sebaginya. Mengapa harus ada fasilitas meskipun tanpa fasilitas pembelajaran masih bisa berjakan namun tidak akan maksimal tujuan yang dicapai apabila fasilitas tidak terpenuhi.









Komponen Pendidikan dalam proses pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

2 komentar: