Rabu, 04 November 2015

Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan


Fungsi kurikulum dalam pendidikan adalah sebagai acuan atau dasar dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, kurikulum juga sebagai standarisasi pendidikan. Di indonesia kurikulum pendidikan terus berubah. Perubahan tersebut dari tahun 1947 sampai tahun  2013, indonesia pernah mengalami sebelas kali perubahan kurikulum, perubahan kurikulum dipengaruhi oleh kondisi politik, ekonomi, sosial budaya, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi perubahan kurikulum lebih berdasarkan internal di indonesia.

Pada tahun 2013 kurikulum yang terbaru adalah kurikulum 2013 yang didalamnya menggunakan pendekatan saintifik. Namun pada pertengahan 2014 kurikulum di indonesia kembali ke kurikulum 2006 yaitu KTSP, namun tidak semua satuan pendidikan kembali ke kurikulum KTSP, sehingga pada tahin 2015 di indonesia terdapat dua kurikulum, ini adalah pertama kali indonesia memiliki dua kurikulum dalam satu periode. Ada beberapa  fungsi kurikulum   dalam kaitannya dengan pendidikan di indonesia yaitu:
Bagi kelapa sekolah

Kepala sekolah sebagi ketua dalam pengelolaan sekolah memiliki peran aktif dalam merancang program, dan merancang kebijakan sekolah. sebingga Kurikulum dijadikan sebagai pedoman untuk pengelolaan sekolah bagi kepala sekolah. Selain itu kurikulum juga sebagai pengukur keberhasilan pengelolaan sekolah yang dipimpinnya.
  
  • Bagi Setiap Jenjang Pendidikan

dalam pendidikan terdapat tiga tahap yaitu input,proses dan output. Fungsi kurikulum dalam jenjang pendidikan adalah sebagi acuan dalam menjalankan setiap proses pendidikan, sehingga setiap jenjang pendidian yang sederajat memiliki proses yang sama, dan diharapkan juga akan memiliki output yang sama dalam hal kualitas. kurikulum berperan di dalam tahap proses.

  • Bagi guru

guru merupakan pemeran utama dalam proses pendidikan, sehingga guru dituntut untuk terus mengembangkan dirinya karena terus berkembangnya ilmu. Sebagia guru sebelum menyampaian materi juga harus menyusun perencanaan terlebih dahulu, peran kurikulum bagi guru adalah sebagai acuan dalam penentuan materi, metode dan model pembelajaran yang akan di sampaiakan.

  • Bagi pengawas (supervisor)

pengawas bertugas untuk mengawasi semua kegiatan pendidikan dalam satuan pendidikan, dengan adanya kurikulum yang sama maka pengawas sudah memiliki acuan standarisasi dalam proses pengawasan. Selain itu tugas pengawas juga mengawasi penerapan kurikulum apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum.

  • Bagi masyarakat

dalam proses pendidikan tidak hanya guru yang berperan, tetapi juga masyarakat, masyarakat berperan sebagai pemberi usul kebijakan kurikulum, misalnya orang tua dapat melihat keberhasilan kurikulum dengan melihat perubahan sikap, pengetahuan anaknya apakan sudah sesuai atau belum.

  • Bagi pemakai lulusan

output dalam tahap pembelajaran pasti berbeda-beda hal ini karena dalam proses juga dengan kurikulum yang berbeda, semakin bagus kurikulum maka kualitas lulusanpun akan berbeda. Fungsi kurikulum bagi pemakai lulusan yaitu para pembuka lapangan pekerjaan pasti menjadi perhatian khusus. Semakin baik kurikulum maka lulusanpun akan lebih baik.






Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar