Fungsi kurikulum dalam pendidikan
adalah sebagai acuan atau dasar dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, kurikulum
juga sebagai standarisasi pendidikan. Di indonesia kurikulum pendidikan terus
berubah. Perubahan tersebut dari tahun 1947 sampai tahun 2013, indonesia pernah mengalami sebelas kali
perubahan kurikulum, perubahan kurikulum dipengaruhi oleh kondisi politik,
ekonomi, sosial budaya, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jadi
perubahan kurikulum lebih berdasarkan internal di indonesia.
Pada tahun
2013 kurikulum yang terbaru adalah kurikulum 2013 yang didalamnya menggunakan
pendekatan saintifik. Namun pada pertengahan 2014 kurikulum di indonesia
kembali ke kurikulum 2006 yaitu KTSP, namun tidak semua satuan pendidikan
kembali ke kurikulum KTSP, sehingga pada tahin 2015 di indonesia terdapat dua
kurikulum, ini adalah pertama kali indonesia memiliki dua kurikulum dalam satu
periode. Ada beberapa fungsi
kurikulum dalam kaitannya dengan
pendidikan di indonesia yaitu:
Bagi kelapa sekolah
Kepala sekolah sebagi ketua
dalam pengelolaan sekolah memiliki peran aktif dalam merancang program, dan
merancang kebijakan sekolah. sebingga Kurikulum dijadikan sebagai pedoman untuk
pengelolaan sekolah bagi kepala sekolah. Selain itu kurikulum juga sebagai
pengukur keberhasilan pengelolaan sekolah yang dipimpinnya.
- Bagi Setiap Jenjang Pendidikan
dalam pendidikan terdapat
tiga tahap yaitu input,proses dan output. Fungsi
kurikulum dalam jenjang pendidikan adalah sebagi acuan dalam menjalankan
setiap proses pendidikan, sehingga setiap jenjang pendidian yang sederajat
memiliki proses yang sama, dan diharapkan juga akan memiliki output yang sama
dalam hal kualitas. kurikulum berperan di dalam tahap proses.
- Bagi guru
guru merupakan pemeran utama
dalam proses pendidikan, sehingga guru dituntut untuk terus mengembangkan
dirinya karena terus berkembangnya ilmu. Sebagia guru sebelum menyampaian
materi juga harus menyusun perencanaan terlebih dahulu, peran kurikulum bagi
guru adalah sebagai acuan dalam penentuan materi, metode dan model pembelajaran
yang akan di sampaiakan.
- Bagi pengawas (supervisor)
pengawas
bertugas untuk mengawasi semua kegiatan pendidikan dalam satuan pendidikan,
dengan adanya kurikulum yang sama maka pengawas sudah memiliki acuan
standarisasi dalam proses pengawasan. Selain itu tugas pengawas juga mengawasi
penerapan kurikulum apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum.
- Bagi masyarakat
dalam
proses pendidikan tidak hanya guru yang berperan, tetapi juga masyarakat,
masyarakat berperan sebagai pemberi usul kebijakan kurikulum, misalnya orang
tua dapat melihat keberhasilan kurikulum dengan melihat perubahan sikap,
pengetahuan anaknya apakan sudah sesuai atau belum.
- Bagi pemakai lulusan
output dalam tahap pembelajaran
pasti berbeda-beda hal ini karena dalam proses juga dengan kurikulum yang
berbeda, semakin bagus kurikulum maka kualitas lulusanpun akan berbeda. Fungsi
kurikulum bagi pemakai lulusan yaitu para pembuka lapangan pekerjaan
pasti menjadi perhatian khusus. Semakin baik kurikulum maka lulusanpun akan
lebih baik.
0 komentar:
Posting Komentar