Sabtu, 07 November 2015

Fungai Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Guru dituntut kreatif untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan kondusif, untuk itu guru harus dapat menciptakan media pembelajaran yang sesuai. Fungsi media pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai materi saja melainkan juga berfungsi sebagai penarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran tidak hanya berbentuk audio visual tetapi juga bisa berbentuk maind maping atau peta konsep yang di tulis dalam kertas besar kemudian ditempel di depan. Media pembelajaran sebagai media penyampai informasi kepada peserta didik merupakan tuntutan bagi guru, selain perencanaan pelaksanaan pembelajaran, guru juga harus bisa membuat media, contoh dari media visual adalah gambar atau juga power point selain itu media seperti video juga merupakan media yang cocok apalagi sekarang di pendekatan saintifik guru tidak lagi menjelaskan.

Peserta didik dituntut aktif dapat menemukan pengertiannya sendiri, teorinya sendiri, rumusannya sendiri, sehingga penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga guru juga harus memperhatikan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Semakin berkembangnya tekhnologi sekarang maka semakain berkembang media pembelajaran audio visul. Ada beberapa fungsi media pembelajaran menurut Levie & Lents (1982) mengungkapkan ada empat fungsi, terutama pada media visual, yaitu: Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris. dan Fungsi Atensi.

  • Fungsi atensi (Perhatian) 
Media pembelajaran berfungsi sebagai penarik perhatian peserta didik, pada awal peralihan pelajaran terutama pada tingkat sekolah menengah atas, pada peralihan pelajaran biasanya peserta didik kurang tertarik, peran media sebagai pengantar agar fokus peserta didik beralih pada materi yang akan disampikan.

  • Fungsi Afektif 
Media pembelajaran berfungsi afektif yaitu dampaknya terhadap sikap peserta didik, peserta didik akan lebih aktif, apalagi apabila media juga ditanamkan cinta tangh air atau nasionalisme, misalnya guru menyampaikan materi tentang masalah ekonomi guru bisa menampilkan gambar tentang kekayaan indonesia tetapi masih banyaknya kemiskinan di indonesia, dengan demikian peserta didik akan menumbuhkan rasa nasionalis dan secara tidak langsung peserta didik akan merubah sikapnya.

  • Fungsi Kognitif 
Fungsi media pembelajaran selanjutnya adalah fungsi kognitif, perubahan pengetahuan dengan di tampilkannya gambar yang terkait dengan materi maka peserta didik akan memeiliki pengetahuan yang lebih, misalkan pada pelajaran biologi, guru menampilkan bentuk kerangka pada manusia, maka peserta didik langsung dapat melihat bahwa tulang terpanjang adalah tulang paha. Dengan demikian pengetahuan sisiwa tidak hanya berdasarkan buku tetapi langsung menyaksikan buktinya.

  • Fungsi Kompensatoris 
Fungsi media pembelajaran sebagai fungsi kompensatoris maksudnya dengan media visual yang ditampilkan guru maka peserta didik yang memiliki kekurangan dalam pemahaman materi akan lebih paham lagi dengan ditampilkannya visual oleh guru.

Media pembelajaran yang baik adalah media yang dapat menarik perhatian peserta didik, membuat peserta didik lebih paham tentang materi yang disampaikan.

Fungai Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar