Media pembelajaran tidak hanya berbentuk audio visual tetapi juga bisa berbentuk maind maping atau peta konsep yang di tulis dalam kertas besar kemudian ditempel di depan. Media pembelajaran sebagai media penyampai informasi kepada peserta didik merupakan tuntutan bagi guru, selain perencanaan pelaksanaan pembelajaran, guru juga harus bisa membuat media, contoh dari media visual adalah gambar atau juga power point selain itu media seperti video juga merupakan media yang cocok apalagi sekarang di pendekatan saintifik guru tidak lagi menjelaskan.
Peserta didik dituntut aktif dapat menemukan pengertiannya sendiri, teorinya sendiri, rumusannya sendiri, sehingga penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga guru juga harus memperhatikan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Semakin berkembangnya tekhnologi sekarang maka semakain berkembang media pembelajaran audio visul. Ada beberapa fungsi media pembelajaran menurut Levie & Lents (1982) mengungkapkan ada empat fungsi, terutama pada media visual, yaitu: Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris. dan Fungsi Atensi.
Peserta didik dituntut aktif dapat menemukan pengertiannya sendiri, teorinya sendiri, rumusannya sendiri, sehingga penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Media pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, sehingga guru juga harus memperhatikan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Semakin berkembangnya tekhnologi sekarang maka semakain berkembang media pembelajaran audio visul. Ada beberapa fungsi media pembelajaran menurut Levie & Lents (1982) mengungkapkan ada empat fungsi, terutama pada media visual, yaitu: Fungsi atensi, Fungsi afektif, Fungsi kognitif, Fungsi kompensatoris. dan Fungsi Atensi.
- Fungsi atensi (Perhatian)
- Fungsi Afektif
- Fungsi Kognitif
- Fungsi Kompensatoris
Media pembelajaran yang baik adalah media yang dapat menarik perhatian peserta didik, membuat peserta didik lebih paham tentang materi yang disampaikan.
0 komentar:
Posting Komentar