Selasa, 27 Oktober 2015

Pendidikan Karakter dalam Pendidikan di Indonesia


Pendidikan berkarakter adalah proses pendidikan yang melatih peserta didik agar menjadi berkarakter baik, ada empat ruang karakter pada individu, yang pertama karakter yang di ketahui oleh diri sendiri dan orang lain, kedua karakter yang hanya diketahui oleh orang lain, ketiga karakter yang hanya diketahui oleh diri sendiri dan yang terakhir adalah karakter yang tidak di ketahui oleh diri sendiri maupun orang lain.

Di Indonesia dalam kurikulum pendidikan sudah diselipi pendidikan karakter yang bertujuan untuk membuat peserta didik menjadi individu yang bertanggung jawab, berbudi pekerti baik, disiplin, dan sebagainya.


Pendidikan karakter di Indonesia berkaitan dengan pendidikan moral yang selalu dikaitkan dengan setiap mata pelajaran dari pra sekolah sampai perguruan tinggi.


Sebenarnya yang perlu dirubah adalah pandangan peserta didik dalam menyikapi pembelajaran, dan peran pendidik dalam membentuk karakter peserta didik. Mengapa perlu adanya pendidikan karakter, yaitu untuk mengubah pandangn bahwa kemampuan peserta didik hanya dilihat dari hasil belajar yang dicapai, hal ini yang dipahami hampir oleh semua lapisan pendidikan, sehingga akan timbul kecurangan peserta didik untuk mendapatkan nilai yang tinggi dengan berbagai cara, jadi tidak heran dengan pandangan seperti itu sekarnag banyak korupsi dan tindak kejahtan lainnya, hal ini dikarenakan rendahnya karakter yang sangkutanya dengan pendidikan moral.


Meskipun memiliki kemampuan akademik yang tinggi tetapi tidak diimbangi oleh karakter yang baik makan akan berakibat tidak baik, begitu juga sebaliknya memiliki karakter baik tetapi kemampuan akademik yang rendah juga berakibat tidak baik, maka sudah saatnya penerapan pendidikan karakter ada dalam setiap mata pelajaran.


Tujuan pendidikan karakter bagi peserta didik

  • Untuk Mengetahui berbagai karakter baik pada setiap individu
  • Agar peserta didik dapat membedakan mana karakter yang baik dan yang buruk
  • Agar peserta didik dapat menjelaskan dan menjalankan moral yang baik dalam kehidupan sehari-hari
  • Untuk membentuk peserta didik yang berkarakter baik, baik dalam keluarga, maupun bermasyarakat
  • Menumbuhkan menumbuhkan dan menggali potensi-potensi yang yang ada dalam setiapindividu peserta didik
  • Untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki intelektual yang tinggi dan budi pekerti yang baik.


Selain disekoalah disetiap mata pelajaran, pendidikan karakter harus diterapkan pula dalam keluarga atau orang tua, sehingga akan menjadi kebiasaan bagi peserta didik, baik di sekolah dengan guru maupun di rumah dengan keluarga. Di sekolah, pendidik adalah panutan bagi peserta didiknya dan dirumah orang tua yang menjadi panutan bagi anak-anaknya, sehingga untuk merubah karakter orang lain maka menjadilah contoh yang baik terlebih daulu.

Harapannya dengan di terapkannya pendidikan berkarekter di kurikukum pendidikan, akan menjadiakan setiap warga negara yang berkarakter dan bermoral baik, sehingga semua bentuk korupsi bisa berangsur-angsur berkurang.

Pendidikan Karakter dalam Pendidikan di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar