Sabtu, 31 Oktober 2015

Orang Tua Wajib Tahu Cara Mendidik Anak Menurut Islam

cara mendidik anak menuru islam tidak hanya sekedar memberikan kebutuhan pendidikan saja, tetapi didalamnya terdapat berbagai pendidikan baik moral, etika, cara beribadah dan sebagainya. Cara mendidik anak selain dilakukan oleh guru sebagai pendidikan formal di Pendidikan anak usia dini , tetapi yang tidak kalah penting adalah pendidikan dalam keluarga, peran orang tua lebih dominan untuk membentuk karakter dan budi pekerti yang baik. Tentunya setiaporang tua menginginkan anak-anaknya menjadi anak yang soleh atau solehah yang berbakti kepada kedua orng tua. Jangan sampai anak yang sudah kita didik justru suatu saat akan berbuat yang tidak orang tua inginkan.


Cara mendidik anak menurut islam tidak saja dimulai setelah anak berusia 2 tahun, tetapi lebih mulai dalam kandungan orang tua harus terbiasa melafadzkan kalimat-kalimat Allah dalam Al-Quran, dan itu adalah salah satu bentuk do’a agar kelak setelah lahir menjadi anak yang soleh atau solekhah. Setelah anak lahir tugas orang tua memberikan nama yang bagus, dalam islam di anjurkan bagi anak laki-laki menggunakan nama Muhammad, dan Siti bagi anak perempuan, atau nama yang memiliki makna sebagai doa. Pendidikan yang utama adalah pendidikan agama, karena semua tingkah laku semua pekerjaan apabila didasari dengan agama yang kuat pasti akan berkah.


Sebenarnya cara mendidik anak yang baik juga tergantung dengan kebiasaan orang tua, apabila orang tua rajin menjalankan sholat lima waktu pasti anak juga akan terbisa mengikuti, apabila orang tua senantiasa menutup aurat pasti anak juga akan dibiasakan menutup aurat sejak kecil sehingga anak tidak merasa risih.


Berikut beberapa cara mendidik anak menurut islam:

1. Mendidiklah dengan kasih sayang,

Kasih sayang orang tua sepanjang masa, itulah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan betapa tidak terbatasnya kasih sayang yang diberikan orang tua ke anaknya, begitu juga dalam mendidik, orang tua harus terus mencurahkan agar anak merasa nyaman dengan orang tua, dijaman sekarang banyak kasusu yang disebabkan kesibukan orang tua sehingga anak kurang merasakan kasih sayang, dampaknya kadang anak menjadi tumbuh dan berkembang tidak seperti harapan.


2. Berilah contoh yang baik

Dalam cara mendidik anak menurut islam, mendidik juga tidak hanya dilakukan degan langsung memberikan informasi, tetapi mendidik juga bisa dengan memberikan contoh dan kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sholat lima waktu berjamaah, berdoa sebelum makan, berdoa sebelum tidur, memberikan salam, menghormati kepada yang lebih tua yaitu mengajarkan anak untuk mencium anak saat bersalaman. Itu semua adalah contoh-contoh yang hendaknya dilakukan oleh orang tua untuk menjadi kebiasaan anak.


3. Latihlah untuk mandiri

Membentuk anak yang berjiwa mandiri memang susah, namun apabila sudah dibiasakan sejak dini maka tidak ada kata susah, yang terpenting adalah sesungguhan orang tua untuk membentuk anak yang soleh dan solekhah.






Orang Tua Wajib Tahu Cara Mendidik Anak Menurut Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar