Sabtu, 24 Oktober 2015

Musim Penghujan, Ketahui Ciri Ciri Demam Berdarah

Banyak yang tidak mengetahui Ciri ciri demam berdarah dengue atau biasa disebut DBD , sehingga banyak penderita yang terlambat untuk mendapatkan petolongan. Penyakit demam berdarah adalah suatu penyakit yang tibul akibat virus dengue, virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti, nyamuk ini dapat berkembang pesat pada saat musim penghujan, karena biasanya pada saat ini akan banyak genangan air yang sangat cocok untuk tempat proses berkembangbiakan nyamuk aedes aegypti. Sebenarnya yang menyebarkan virus tersebut adalah nyamuk betina melalui air liurnya pada saat menghisap darah manusia.


Kenapa pada sering ada korban jiwa karena demam berdarah, karena banyak yang tidak memahami ciriciri DBD , sebenarnya untuk melihat ciri-ciri demam berdarah sangat mudah,namun karena kurangnya pengetahuan orang terdekat sipenderita, sehingga terkadang luput dari pengamatan. Untuk mengetahui seseorang terkena demam berdarah ada dua cara yaitu pengamatan dan pengecekan darah.


Berdasarkan pengamatan seseorang di curigai terkena demam berdarah apabila memiliki gejala-gejala sebagai berikut:


1. Badan demam panas tinggi lebih dari 2 hari. Dalam siklus ini penderita akan mengalami demam tinggi secara tiba-tiba selama namun juga ada fase dimana demam turun, dan biasanya pada saat panas turun diaggap sudah sembuh, padahal ini adalah fase kritis.


2. Nyeri pada ulu hati
Penderita merasakan nyeri pada ulu hati, apabila sudah ada dua ciri-ciri tersebut maka sebaiknya harus cepat dibawa ke dokter.


3. Ciri-ciri DBD yang dapat diamati secara kasat mata adalah terdapatnya bercak bintik merah di kulit yang tidak hilang walau ditekan, ditarik, diregangkan dan lain sebagainya. Namun biasanya tanda ini tidak keluar pada hari pertama saat penderita mulai demam, namun bisa dua hari setelah demam tinggi pada penderita.


4. Pada tahap yang lebih berbahaya penderita bisa mengeluarkan darah dari hidung (mimisan), bahkan muntah darah, dan melalui buang air besar.


5. Ciri yang lain yaitu Penderita bisa pucat, gelisah, ujung kaki dan ujung tangan terasa dingin.


6. Terdapat penderita lain yang di lingkungan sekitar yang sudah terjangkit demam berdarah. Karena penyakit ini disebarkan oleh nyamuk sehingga bisa saja salam satu lingkungan bukan cuma satu yang terkena.

Sebenarnya untuk menangani demam berdarah dan mempersiapkan agar wabah tidak menjalar bisa dilakukan dengan mudah, yang harus dilakukan untuk mencegah demam berdarah adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, jangan sampai ada selokan mampet, tempat penyimpanan air yang terbuka, dan ada tempat genangan air yang bisa menarik nyamuk untuk berkembangbiak. Sehingga kerja bakti lingkungan harus rutin dilakukan apalagi pada saat musim penghujan., selain itu kesadaran masyarakat dan pengetahuan masyarakat tentang ciri ciri DBD juga harus terus di informasikan yaitu dengan adanya penyuluhan oleh dinas terkait.















Musim Penghujan, Ketahui Ciri Ciri Demam Berdarah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Posting Komentar