Jumat, 30 Oktober 2015

Cara Mengajar Anak Membaca Agar Cepat Bisa Membaca

cara mengajar anak membaca sebenarnya sangat mudah, apalagi sekarang sudah banyak metode agar anak cepat bisa membaca. Bahkan sekarang banyak bimbingan baca yang menjamur akibat tingginya partisipasi orang tua dalam memberikan pendidikan sedini mungkin. Mulai dari usia tiga tahun anak sudah diajari pengenalan huruf.

Untuk dapat mengajari anak agar cepet bisa membaca terutama anak usia tiga sampai enam tahun adalah:

  • Buat rasa nyaman
Membuat anak merasa nyaman dahulu dengan guru, supaya anak lebih nurut dalam pembelajaran. Rasa nyaman itu bisa dibuktikan apabila anak memilih guru tertentu dalam kelas, padahal di kelas tersebut ada beberapa guru, peran guru disini adalah mengamati guru mana yang cocok bagi anak tersebut. Biasanya kedekatan guru dengan anak bisa terjalin dengan adanya interaksi terus menerus, sehingga anak meras dekat dengan guru.

  • Belajar sambil bernyanyi
Metode yang cocok untuk cara mengajar anak membaca adalah dengan bernyanyi, anak akan lebih memperhatikan karena anak juga ikut aktif, metode bernyanyi harus dilakukan secara terus menerus agar anak ikut hafal dengan lagu tersebut. Contohnya dalam nyanyian menghafal huruf dari A sampai huruf Z.


  • Belajar sambil bermain
Selain dengan bernyanyi, motode yang cocok juga dengan mengajak anak bermain, inti dari permainan itu untuk mengajarkan anak menghafal huruf atau membaca huruf. Contohnya guru mennaruh huruf-huruf pada dingding, kemudian anak diminta untuk menunjukan salah satu huruf tertentu.


  • Pemberian reward
Memberikan penghargaan merupakan cara mengajar anak membaca yang tepat, Anak akan lebih senang apabila apa yang di kerjakan mendapatkan penghargaan, reward tidak hanya beruba barang, tetapi bisa juga berupa pemberian bintang sebagai penghargaan. Dengan diberikannya reward anak akan lebih aktif dan lebih bersemagat lagi dalam proses pembelajaran


  • Tahapan yang jelas
Dalam mengajarkan anak membaca harus memiliki tahapan yang jelas, hal ini untuk mngetahui tingkat kemampuan anak.

Tahap kongkrit, pada tahap ini anak sudah bisa menghafal salah satu bentuk huruf dan bunyinya, hal ini merupakan tahapan bagus bagi perkembangan anak, untuk kemajuan selanjutnya.

Tahap identitas, pada tahap ini guru harus mampu mengati, karena pada tahap ini anak biasanya mengidentifikasi tentang apa saja yang anak ketahui, misalnya anak sudah mengetahui huruf A makan anak akan menunjukan huruf A yang anak lihat.

Tahap klasifikatori, Pada tahap ini anak sudah bisa membaca dua huruf misalnya M-A dibaca Ma, dan sebagainya. Hal ini bisa diidentifikasi oleh guru, apabila guru menulis dua huruf atau menunjukan dua huruf makan anak tidak lagi menyebutkan huruf satu persatu, tetapi anak sudah mampu menggabungkan bunyi dua huruf tesebut.

Tingkat formal, Pada tahap atau tingkat ini anak dapat membedakan dan memahami apa yang guru sampaikan, anak tidak hanya bisa membaca kata, tetapi anak juga dapat menentukan bentuk.


Demikian tentang cara megajar anak membaca dan tingkatan kemampuan anak dalam belajar membaca, semoga bermanfaat.




Cara Mengajar Anak Membaca Agar Cepat Bisa Membaca Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar