Senin, 27 April 2015

HAKIKAT PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT LANGEVELD

Pengertian Pendidikan adalah proses penyampaian informasi baik dari individu maupun kelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya dapat melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Meskipun pendidikan pada hakikatnya penyaluran informasi dari orang lain, tetapi tidak menuntut memungkinkan pendidikan bisa terjadi secara otodidak.

pengertian Pendidikan dapat didefinisikan juga sebagai Setiap pengalaman yang dimemiliki yang secara langsung maupun tidak langsung berefek pada pandangan hidupnya. Terutama pengalaman yang dapat berpengaruh pada cara orang berpikir, merasa, atau pada tindakannya.

dalam pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap-tahapan seperti prasekolah (sebelum sekolah), SD (sekolah dasar), sekolah menengah baik menengah pertama maupun menengah atas dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau sekolah tinggi.

Dengan demikian  pendidikan merupakan kebutuhan hakiki bagi manusia, dan kegiatan yang sangat penting untuk penyiapan manusia menghadapi kehidupannya yang lebih baik.

Pengertian Pandidikan
Pendidikan menurut para ahli, menurut Langeveld “mendidik adalah secara sadar dan sengaja memberikan pertolongan kepada seorang anak (yang belum dewasa) dalam pertumbuhannya untuk menuju kearah kedewasaan dan bertanggung jawab sesuai atas segala tindakan-tindakannya menurut pilihannya sendiri”.

Tiga inti hakekat manusia menurut Langeveld :

Manusia sebagai makhluk individual.

Dalam diri manusia terdapat ruang diaman hanya individu tersebut yanga tahu, hal ini di sebabkan manusia membutuhkan ruang khusus dalam menjalani hidup. Selain itu manusia juga dituntut untuk hidup mandiri, kemandirian itulah yang menjadikan manusia menjadi makhluk individu

Manusia pada hakekatnya sebagai makhluk sosial.
Meskipun manusia sebagai makhluk individu tetapi manusia juga sebagai makhluk sosial, menerangkan bahwa manusia tidak bisa menjalankan kehidupannya sendiri, sehingga manusia lebih suka berkelompok membentuk suatu hubungan dengan orang lain.
Manusia pada hakekatnya sebagai makhluk susila.
Manusia sebagai makhluk susia maksudnya, sebagai makhluk yang beradab yang sadar akan peraturan.

Proses Pendidikan Pendidikan juga ada beberapa proses, seperti halnya anak belajar juga tidak langsung memahami materi, tetapi harus ada prosesnya. Dalam proses pendidikan pada anak, dapat di bedakan menjadi tiga tahap yaitu:

Pendidikan prasekolah
Pendidikan prasekolah atau pendidikan sebelum sekolah, dalam proses ini pendidikan lebih difokuskan pada kemampuan orangtua dalam membentuk karakter anak. Selain itu orang tua juga bisa memasukan anaknya kelompok bermain, yang terpenting dalam proses ini anak di latih untuk berinteraksi dengan anak yang lain.

Pendidikan dasar
Pada pendidikan dasar terjadi pada saat anak berusia 6-12 tahun, pada usia ini anak sudah mampu hidup mandiri, sudah bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah dan juga belum terpengaruh dengan dunia yang kurang baik.

Pendidikan menengah
Pendidikan menengah ada dua yaitu pedidikan menengah pertama dan pendidikan menengah atas, di proses ini anak sudah mulai dewasa, sehingga selain disekolah, peran orang tua juga sangat dibutuhkan, apalagi dengan melihat fenomena kenakalan remaja.

Pendidikan perguruan tinggi
Pada tingkat perguruan tinggi, sudah tidak lagi disebut sebagai siswa tetapi sudah disebut mahasiswa, sebenarnya pada usia ini sudah tergolong usia kerja. Sehingga pada proses ini merupakan proses yang menjadi pematangan pendidikan.

dari pengertian pendidikan kita dapat mengartikan, bahwa pendidikan merupakan suatu sistem yang saling berkaitan.

HAKIKAT PENGERTIAN PENDIDIKAN MENURUT LANGEVELD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: subekhi sururi

0 komentar:

Poskan Komentar