Sabtu, 25 April 2015

MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN DALAM KELAS



Metode adalah cara atau teknik yang dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran adalah suatu teknik yang dipergunakan oleh guru dalam proses pembelajaran sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam penerapan metode pembelajaran sebenarnya juga tergantung pada kereatifitas guru.


Terdapat macam-macam metode pembelajaran yang bisa diterapkan, hendaknya harus disesuaikan dengan materi pembelajaran, sehingga dalam prosesnya siswa lebih aktif lagi. Diera sekarang sudah tidak jaman lagi menjadikan siswa sebagai objek pembelajaran, namun seharusnya siswa lebih difokuskan menjadi subjek. Metode pembelajaran yang sering digunakan oleh para guru antara lain:

Metode ceramah

macam-macam metode pembelajaran yang pertama adalah ceramah, Metode ini merupakan metode konfensional, ceramah seharusnya sudah tidak diterapkan lagi karena metode ini membuat siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran. Metode ceramah biasa di gunakan pada saat kurikulum 1994, karena dianggap lebih efektif pada saat itu, namun demikian metode ceramah juga masih diterapkan di beberapa materi , tentunya di sesuaikan dengan materi yang akan dipelajari.


Metode diskusi

Metode diskusi merupakan metode yang juga sering digunakan oleh guru dalam pembelajaran, metode ini juga bisa di padukan dengan model-model pembelajaran yang lain misalnya dipadukan dengan model probles besed learning. Sebelum melakukan diskusi siswa harus di kelompokan terlebih dahulu dalam kelompok-kelompok kecil, kemudian guru memberikan masalah yang menjadi bahan diskusi, dalam metode ini yang perlu diperhatiakan adalah dalam pembentukan kelompok, suatu kelompok bisa dikatakan baik apabila dilakukan secara acak, sehingga tingkat kepandaian dalam kelompok merata di setiap kelompoknya.


Metode simulasi

Metode simulsi merupakan metode yang dapat membawa siswa ke kegiatan yang sebenarnya, misalnya diterapkan pada materi pasar, maka siswa disekenario oleh guru ada yang menjadi pedagang, ada yang menjadi pembeli, ada suplayer, ada seles, sehingga siswa lebih memahami materi tersebut.

Metode demonstrasi

Metode demonstrasi lebih cocok diterapkan pada materi yang menggunakan alat peraga, guru atau siswa memperagakan alat di depan para siswa, kondisi ini dilakukan karena keterbatasan alat peraga, misalnya pada materi alat ukur pada mata pelajaran fisik.


Metode eksperimen

Metode eksperimen mengantarkan siswa pada percobaan-percobaan yang sifatnya ilmiah, namun pada metode ini biasanya membutuhkan waktu pembelajaran yang lebih banyak, karena dalam melakukan eksperimen siswa yang di pandu guru harus bekerja ekstra. Sebelum menerapkan metode ini guru sebaiknya membagi kelompok terlebih dahulu, metode ini bisa juga di padukan dengan pendekatan saintifik.


Demikian macam-macam metode pembelajaran yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk para pendidik yaitu pahlawan tanpa tanda jasa. Semoga pendidikan di negri kita tercinta ini lebih maju dengan meningkatnya kreatifitas guru.

MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN DALAM KELAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar