Sabtu, 25 April 2015

CALON GURU HARUS TAHU CARA MENGAJAR YANG BAIK

Sebagai guru, hal yang perlu diperhatikan adalah bagimana cara menyampaikan materi pembelajaran agar peserta didik mudah menerima apa yang disampaikan guru, karena pada intinya cara mengajar yang baik tidak hanya kegiatan untuk mentransfer informasi dari guru ke peserta didik, namun bagaimana peserta didik dapat merasa nyaman dan menantikan saat pelajaran yang akan guru sampaikan. Pada dasarnya, mengajar itu ada tiga hal yang menjadi acuan sebagai seorang guru yaitu:


Ing Ngarso Sung Tulodo artinya didepan saya (guru) harus menjadi panutan atau contoh. Jadi seorang guru pada saat di depan peserta didik tidak hanya menyampaikan materi saja, tetapi selalu memberikan contoh yang baik untuk peserta didiknya.

Ing Madyo Mbangun Karso, yang artinya di tengah memberikan semangat dan motivasi, yang bertujuan agar peserta didik dapat lebih semangat dan giat belajar.

Tut Wuri Handayani, artinya di belakang memberikan dorongan, dorongan disini maksudnya adalah memberi semangat ke peserta didik untuk merasa terlibat dalam pembelajaran.

Dari tiga hal diatas dapat disimpulkan bahwa guru harus memposisikan dirinya sebagai contoh, sebagai pemotifasi dan sebagai pemberi semangat.

CARA MENGAJAR YANG BAIK

Sebagai guru harus dapat mengajar dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mengajar dapat berjalan dengan baik, sehingga informasi yang disampaikan dapat cepat terserap. dan peserta didik merasa senang dalam proses pembelajaran. mengajar yang baik adalah:

Mengajar harus menguasai materi
Penguasaan materi dalam pembelajar merupakan hal yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru, agar materi atau informasi yang disampaikan dapat dengan mudah diterima peserta didik, ketidak mampuan guru dalam menguasai materi dapat berdampak fatal bagi peserta didik, apalagi apabila guru salah dalam materi yang disampaiakan.

Menggunkan media pembelajaran
Pengunaan media pembelajaran dalam cara mengajar yang baik dan menarik juga merupakan hal yang harus ada dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran bisa berupa video, power point. Media pembelajaran juga tergantung pada kreatifitas guru. Tujuannya agar peserta didik lebih tertarik dalam pembelajaran. Yang harus di garis bawahi adalah, pemilihan media haruslah sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Menggunakan metode pembelajaran yang tepat

Metode pembelajaran adalah cara menyampikan pelajaran, metode juga harus disesuaikan dengan materi, ada banyak sekali metode pembelajaran, metode yang sering digunakan adalah diskusi, problem solving, probles besed learning dan masih banyak lagi yang lainnya. Pemilihan metode yang tepat sangat mempengaruhi minat belajar peserta didik.

Mengajar dengan keceriaan
Keterpaksaan dalam mengajar akan membuat peserta didik merasa tegang, hal ini bukanlah cara mengajar yang baik  apalagi apabila guru terus menjelaskan dan menyuruh peserta didik untuk menulis, dalam pembelajaran hendaknya disisipi lelucon agar peserta didik tidak tegang, mengajar dengan keceriaan memang susah, apalagi karakter guru juga berbeda-beda, tetapi setidaknya guru harus belajar dekat dengan peserta didik, itu kunci agar belajar lebih menyenangkan.


CALON GURU HARUS TAHU CARA MENGAJAR YANG BAIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar